Dalam Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terkait Kesehatan mental dalam penggunaan teknologi digital, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang mengadakan seminar nasional yang dilaksanakan selama empat hari, pada 20 Mei 2023 hingga 23 Mei 2023 dengan rincian dua hari penyampaian materi dan dua hari tugas mandiri.

Seminar ini disampaikan oleh lima orang pemateri yang dibagi dalam dua hari. Materi hari pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 bersama dua orang pemateri, yakni Ibu Dr. Ika Andrini Farida, M.Psi yang berpakar pada bidang Psikologi Perkembangan. Beliau mengkaji tentang Dampak Teknologi Digital terhadap Perkembangan Sosioemosional. Serta Bapak Mochammad Sa’id, M.Si yang berpakar pada bidang Psikologi sosial. Beliau menyampaikan materi terkait Kaum Muda dan Peacebuilding di Era Medsos.

Sedangkan materi hari kedua disampaikan pada tanggal 23 Mei 2023 bersama tiga orang pemateri, yakni Ibu Dr. Nur Eva, M.Psi., Psikolog yang berpakar pada bidang Psikologi Pendidikan. Beliau menyampaikan materi terkait Learning to be Human. Kemudian ada Ibu Dyah Sulistiyorini, M.Psi., Psikolog yang berpakar pada bidang Psikologi Industri Organisasi, serta Ibu Dwi Nikmah Puspitasari, M.Psi., Psikolog yang berpakar pada bidang Psikologi Klinis. Beliau masing-masing menyampaikan materi tentang Technology and Mental Health at Workplace serta Teknologi dan Kesehatan Mental.

Seminar Nasional ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya dari kalangan orang tua dan para pendidik untuk selalu waspada terhadap dampak positif dan negative yang dapat ditimbulkan teknologi digital, khususnya sosial media pada anak dan remaja. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini setara dengan 32 JP sehingga sertifikat yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh para guru dan juga praktisi sebagai bahan portofolio dan juga pengembangan diri mereka.