Malang, 15 Agustus 2023 – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Makasar (UNM) mengadakan penelitian bersama tentang dinamika radikalisasi dan demokrasi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku radikal serta demokratis di antara mahasiswa di Indonesia.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., dosen Fakultas Psikologi UM, dan Bapak. Luman, M.Si, dosen Fakultas Psikologi UNM. Penelitian ini melibatkan 30 mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan di UM dan UNM sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan fgd, wawancara, dan penyusunan instrumen.

Penelitian ini didukung oleh dana hibah penelitian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2023. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu psikologi, khususnya psikologi sosial, serta memberikan rekomendasi bagi pihak-pihak terkait dalam menangani isu-isu radikalisasi dan demokrasi di kalangan mahasiswa.

Hasil penelitian ini akan disajikan dalam jurnal internasional yang memiliki reputasi sehingga dapat menjadi repositori keilmuan tentang radikalisasi pada mahasiswa di Indonesia.