S3 Psikologi Pendidikan

RASIONAL PROGRAM

Usaha pendidikan, terutama di bidang pengajaran, merupakan kegiatan yang mempunyai landasan keilmuan yaitu ilmu-ilmu perilaku, khususnya Psikologi. Perhatian landasan Psikologi pada usaha pendidikan dan pengajaran ini bertujuan profesionalisasi. Arti penting gagasan profesionalisasi belakangan ini memperoleh penekanan dan dorongan oleh adanya kepedulian untuk memperbaiki praktik-praktik pendidikan dalam kerangka tujuan lebih jauh, yaitu peningkatan mutu pendidikan. Sementara itu, dewasa ini diketahui belum banyak, kalaupun ada, tenaga pendidikan pengajaran yang berlatar belakang bidang spesialisasi Psikologi pendidik­ankhususnya Pascasarjana. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) tahun 2003 mengenali adanya berbagai tenaga pendidikan sebagai pelaksana sistem. Selain tenaga pendidikan di bidang pengajaran yaitu guru yang disebut secara eksplisit, ada tenaga-tenaga lain yang tidak tercantum secara khusus di dalam UUSPN yang perlu dikenali dan yang selanjutnya perlu diusahakan pengadaannya.

Untuk maksud tersebut, dirasa perlu ada satu program pendidikan jenjang S3 yang bertugas menyiapkan tenaga bidang Psikologi yang berkeahlian dalam proses-proses pendidikan yang akan bekerja di berba­gai lembaga pendidikan, terutama yang berkaitan dengan penyelenggara­an pendidikan di lembaga pendidikan formal sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Tenaga ahli dimaksud, diharapkan memiliki kemampuan level 9 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang Psikologi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Tenaga ahli Psikologi pendidikan tersebut diharapkan akan memberi­kan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan teknologi dalam pendidikan, antara lain adalah sebagai (1) peneliti mengenai aspek-aspek Psikologis perkembangan peserta didik dan pembelajaran pada lembaga-lembaga penelitian dan lembaga pendidikan formal, dan pengembangan kurikulum; (2) tenaga ahli dalam penilaian dan testing pendidikan, diagnostik kesulitan belajar, perencanaan pendidikan dan pengembangan sistem terutama dari sudut pandang teori Psikologi pendidikan; (3) tenaga ahli dalam tim kerja bersama dengan konselor sekolah dan tenaga terkait lainnya, dengan tugas membantu penanganan masalah belajar siswa di sekolah; serta (4) pendidik yang berkewenangan mengajar di bidang Psikologi pendidikan di jenjang pendidikan tinggi.

VISI

Visi Program studi Psikologi Pendidikan adalah menjadi program studi unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang Psikologi pendidikan di Indonesia.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran program studi yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk bidang ilmu Psikologi pendidikan
Menyelenggarakan penelitian bidang Psikologi pendidikan di berbagai seting lembaga pendidikan formal, dan pengembangan kurikulum
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang Psikologi pen­didikan
Menyelenggarakan tatapamong program studi yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan

TUJUAN PROGRAM

Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia, mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya, menghargai keanekaragaman budaya pandangan kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan iriginal orang lain, menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, serta mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam rangka mengembangkan pengetahuan teknologi dan/atau seni baru di dalam bidang ilmu dan praktik Psikologi pendidikan;
menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif original dan teruji dalam bidang Psikologi pendidikan yang mendapat pengakuan nasional dan internasional;
menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Psikologi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia;
menghasilkan kinerja program studi yang efektif, efisien, akuntabel, dan transfaran dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Program Doktor Psikologi Pendidikan diharapkan menjadi ilmuwan dan praktisi profesional dalam bidang Psikologi pendidikan yang menguasai seperangkat kompetensi yang setara dengan level 9 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Peraturan Presiden, no 8 th 2012 ttg KKNI), , yang telah dimodifikasi menjadi sebagai berikut.

Memiliki wawasan keilmuan untuk menyusun suatu paradigma yang memiliki sumbangan kreatif sebagai kerangka kerja penelitian yang original dalam bidang Psikologi pendidikan.
Memiliki wawasan pendidikan yang luas, serta mampu mengenali memahami dan mengantisipasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan pada umumnya.
Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan sosial dan perilaku (Psikologi), pendidikan, khususnya Psikologi pendidikan, serta mampu menggunakan hasil–hasilnya untuk melaksanakan penelitian di bidang Psikologi pendidikan.
Memperlihatkan perilaku sebagai ilmuwan dan praktisi profesional dalam Psikologi pendidikan yang mencerminkan kepribadian pendidik dan peneliti yang bertanggungjawab kepada masyarakat bangsa dan Tuhan Yang Maha Esa.
Peka dan terpanggil pada perkembangan dan permasalahan masyarakat bangsa dan umat manusia untuk menyumbangkan kerja ilmiah dan profesional dalam bidang Psikologi pendidikan melalui pendekatan inter multi dan transdisipliner.
Menguasai bidang Psikologi pendidikan baik teori, praktik, maupun pengembangannya, dan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu dan teknologi, khususnya di bidang Psikologi pendidikan.
Mengelola, memimpin, mengembangkan dan melaksanakan penelitian yang kreatif dan original, serta pempublikasikannya di jurnal dan forum ilmiah nasional maupun internasional untuk kepentingan pengembangan ilmu dan pemecahan masalah masyarakat dalam bidang Psikologi pendidikan.

Informasi tentang Program Studi S3 Psikologi Pendidikan, dapat dilihat disini
1. PENGELOLA
2. PANDUAN AKADEMIK
3. FASILITAS
4. PENELITIAN MAHASISWA

INFORMASI PENDAFTARAN LEBIH LENGKAP KLIK DISINI