Organisasi ini bernama Korps Pegawai Republik Indonesia, disingkat KORPRI. KORPRI adalah wadah untuk menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia demi meningkatkan perjuangan, pengabdian, serta kesetiaan kepada cita-cita perjuangan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bersifat demokratis, mandiri, bebas, aktif, professional, netral, produktif, dan bertanggung jawab. KORPRI didirikan pada tanggal 29 November 1971 dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

KORPRI juga merupakan salah satu unit kerja di Universitas Negeri Malang, yang didalamnya banyak aktivitas kemanusiaan dari UM dan untuk UM. Apa maksudnya dari UM untuk UM, tentunya dari warga UM untuk Warga UM baik yang masih aktif bekerja di UM maupun sudah purna tugas, tidak menutup kemungkinan juga untuk masyarakat luas. Seperti salah satu misi KORPRI yaitu sebagai pemersatu bangsa indonesia, karena KORPRI sering melakukan kegiatan kemanusiaan.

Apa fungsi KORPRI di UM? Tentu ada banyak. Jadi mulai dari kegiatan iuran anggota yang dipotong setiap bulan kepada setiap anggotanya. Untuk besarannya mulai Rp. 7.500,- sampai dengan Rp. 20.000,- tergantung golongan dari anggota KORPRI tersebut. Tujuan dari iuran tersebut untuk mendukung kegiatan KORPRI di Universitas Negeri Malang. Disaat ada salah satu warga UM meninggal dunia KORPRI memberikan santunan kurang lebih Rp. 700.000,- untuk keluarga yang ditinggalkan. Tak hanya warga UM yang masih aktif, untuk pensiunan pun juga mendapatkan santunan yang sama.

Apakah hanya itu kegiatan KORPRI di UM? Tentu tidak, masih banyak kegiatan yang lainnya. Setiap tahunnya saat ulang tahun Universitas Negeri Malang KORPRI juga mengadakan acara Ziarah Makam yang dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan guru UM yang telah gugur. Karena berkat perjuangan dan jasa para pahlawan guru, UM bisa maju seperti sekarang ini. Setelah kegiatan ziarah makam dilanjutkan dengan kegiatan bersilaturahmi pada pensiunan guru UM yang masih hidup, karena mereka juga pahlawan UM yang masih hidup dan telah banyak berjasa bagi UM. Tak lupa KORPRI memberikan santunan pada pensiunan guru UM, disinilah biasanya muncul moment haru. Tangis bahagia dari pensiunan UM yang merasa masih diperhatikan oleh UM, walau hidup sudah tak berjaya lagi seperti dahulu tetapi jasa mereka tetap terukir dalam sejarah UM. Tatkala tidak semua pensiunan itu makmur, ada juga yang ekonominya kurang baik dimana mereka yang berjasa kepada UM punya nasib yang kurang beruntung. KORPRI peduli akan itu dimana kegiatan kemanusiaan akan dilakukan dari UM untuk UM.

Jadi KORPRI itu kegiatannya untuk urusan kemanusiaan saja ya? Tidak, masih ada yang lain. KORPRI memiliki seragam batik yang berwarna biru tua, baju seragam ini digunakan untuk upacara di UM sebagai simbol persatuan pegawai Indonesia. Untuk Upacara saja? seragam ini juga digunakan untuk kegiatan lain contohnya seperti dia atas untuk kegiatan kemanusiaan, kegiatan dinas, dan kegiatan lainnya sesuai dengan instruksi dari Rektor UM.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-50, Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan medical check up bagi para dosen, tenaga kependidikan dan pegawai purna tugas. Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., memberikan apresiasi tinggi atas terlaksananya kegiatan ini. Seluruh program yang telah disampaikan dan direncanakan bisa berjalan dengan lancar dan baik serta hasil dari tes kesehatan ini hasilnya baik semua dalam melakukan kegiatan secara langsung dengan kondisi covid-19 yang semakin bertambah hari terus menunjukkan grafik menurun. Kegiatan KORPRI juga berperan penting dalam mengurangi penularan covid-19 saat tahun pandemi.

Bagaimana? Apakah Universitas Negeri Malang mengakui adanya KORPRI? Jawabannya Ya. KORPRI adalah bagian dari UM dimana kegiatannya untuk membantu Warga UM. Jadi apakah anda tertarik dengan kegiatan KORPRI.

Penulis: Nadendra (FPsi UM)