Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi, PhD, Kepala Departemen Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) mendapatkan undangan resmi untuk mengisi kegiatan “Pengembangan Kapasitas Dosen Rumpun Psikologi” yang digelar oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada Senin (29/04), bertempat di Hotel Lojikka Tulungagung.

Gambar 1: Kegiatan “Pengembangan Kapasitas Dosen Rumpun Psikologi” yang diisi oleh narasumber Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi, PhD, Kepala Departemen Psikologi Universitas Negeri Malang (UM)

Acara dengan tajuk “Peran Teknologi dalam Pengembangan Keilmuan Psikologi: Pengajaran dan Riset Berbasis AI” ini dihadiri oleh berbagai kalangan akademisi dan praktisi psikologi.  Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi, PhD, selaku narasumber utama acara ini menyampaikan pandangannya tentang pentingnya teknologi dalam dunia psikologi. 

“Dengan menggunakan teknologi kita bisa lebih banyak mendapatkan informasi yang beragam, up to date dan membantu dosen dalam riset dan pengajaran,” ungkapnya.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini berfokus pada bagaimana big data analysis dan penggunaan AI dapat secara sistematik memabntu literature review dalam riset dan pengajaran.Melalui pengoptimalan teknologi ini, diaharap dapat meningkatkan jumlah publikasi jurnal dan pengembangan media ajar yang menarik, yang bisa diimplementasikan oleh dosen kepada mahasiswa. 

Selama kegiatan berlangsung, diskusi yang terjalin di antara peserta dan narasumber terlihat harmonis dan berhasil menciptakan atmosfer yang memungkinkan pertukaran ide. Tidak hanya itu, agenda sharing session juga terasa sangat dinamis, dengan partisipasi dua arah yang kuat dari semua pihak. Hal ini mencerminkan semangat kolaboratif yang kuat antara kedua institusi dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memperkaya bidang psikologi.

Gambar 2: Pertemuan Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi, PhD, Kepala Departemen Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dengan petinggi oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 

“Kolaborasi itu sangat penting, karena selain melihat potensi tema yang diangkat berbeda, juga kemungkinan sumber responden yang berbeda, karakteristik yang berbeda, sehingga baik dari segi teori dan pembahasan juga menjadi lebih kaya,” ujar Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi, PhD

Acara ini diharapkan menjadi langkah penting dalam mengembangkan pemahaman dan penerapan teknologi dalam konteks psikologi, serta memperkuat jaringan kerjasama antar-akademisi dalam bidang ini.

Pewarta: Syabiilah Widyatmoko