Malang, 24 Juni 2024 – Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Psychological Well-Being Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan melalui Terapi Mindfulness” pada 24 Juni 2024. Acara ini diadakan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis warga binaan melalui metode terapi mindfulness.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membantu peningkatan kapasitas petugas lapas yang nantinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan psikologis warga binaan. Meskipun berada dalam kondisi yang sulit dengan over capacity, diharapkan warga binaan di Lapas Perempuan Kelas IIA Kota Malang tetap memiliki psychological well-being yang cukup.

Kegiatan dimulai dengan peserta yaitu warga binaan, mengisi pre-test untuk mengukur kondisi psikologis awal sebelum mengikuti terapi. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Ikhwanul Ihsan Armalid, S.Tr.Sos., M.Psi., selaku dosen Psikologi sosial yang menyampaikan materi gambaran singkat mengenai terapi mindfulness.

Setelah itu dilanjutkan ke acara inti, yaitu pelaksanaan terapi. Terapi mindfulness yang meliputi meditasi pernapasan, menyadari sensasi tubuh, penerimaan dan penghargaan, membuka kesadaran, menerima pikiran dan perasaan, serta membebaskan diri dari hasrat. Dalam pelaksanaannya, terapi diiringi oleh penyampaian narasi oleh fasilitator serta alunan musik yang menenangkan

menuliskan harapan

Setelah sesi terapi, peserta mengisi kuesioner post-test untuk mengukur perubahan kondisi psikologis mereka. Peserta juga menuliskan harapan mereka dan menempelnya pada pohon harapan sebagai simbol aspirasi dan tujuan masa depan yang lebih baik. Kegiatan diakhiri dengan pemberian souvenir kepada para peserta sebagai tanda penghargaan atas partisipasi mereka.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat tercapai peningkatan kesejahteraan psikologis warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Malang, sehingga mereka mampu menghadapi tantangan hidup di lapas dengan lebih positif.

#SDGs3
#SDGs10
#SDGs17