HOME ROOM

FPPsi, 23 Maret 2016

 

Home room-1Home Room berasal dari kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan dalam ruang atau kelas dalam bentuk pertemuan antara konselor atau guru dengan kelompok untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu terutama hal-hal atau masalah-masalah yang berhubungan dengan pelajaran, kegiatan sosial, masalah tata tertib dan moral, cara berpakaian atau masalah-masalah lain di luar sekolah. Dalam acara home room ini hendaknya diciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga terjadi dialog yang bebas.

Gambar 1: Prof Dr Fatah Hanurawan, MEd, MSI. (Dekan) dan Drs Fatah Hidayat, Spsi, Msi (Kajur)

Di lingkungan Fakultas psikologi Kegiatan home room ini rutin dilakukan, bukan untuk kepentingan bimbingan melainkan menjadi wahana komunikasi antara mahasiswa dan fakultas yang  bertujuan untuk menampung aspirasi dari seluruh sivitas akademika di Fakultas Pendidikan Psikologi. Mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan duduk bersama untuk sharing dan berbagi pengalaman, baik yang bersifat positif dan negatif. Dalam sharing, mahasiswa menyampaikan masukan terkait dengan pelayanan di Fakultas, baik berupa akademik maupun non Akademik. Dosen dan Tenaga kependidikan secara bergantian menjawab dan memberi saran, memberikan alternatif solusi untuk perbaikan bagi Fakultas Pendidikan Psikologi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2016, yang dihadiri oleh Mahasiswa berbagai angkatan, Dekan, Wadek, Kajur dan Home room-2Tendik yang berkaitan dengan sarana dan prasarana.  Pada kegiatan ini disosialisasikan tentang adanya SKPI yaitu surat keterangan pendamping ijazah dan berbagai hal terkait dengan akademik dan non akademik. SKPI merupakan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan dan sikap/moral seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh fihak pengguna di dalam dan luar negeri, penjelasan obyektif dari prestasi dan kompetensi pemegangnya serta meningkatkan kelayakan kerja seorang lulusan. Dialog yang dilaksanakan di pendopo psikologi positif berlangsung kondusif dan konstruktif, menghasilkan komunikasi yang efektif antara fakultas dan mahasiswa, menghasilkan masukan dan saling memahami terhadap kebutuhan mahasiswa dan kebijakan fakultas.

Gambar2. Mahasiswa berbagai angkatan hadir dalam home rome

Unduh file Ms Word: Home Room di Fakultas Pendidikan Psikologi UM