Psikologi pendidikan adalah kunci untuk memahami bagaimana siswa dapat belajar secara efektif, Laila menegaskan.
Psikologi UM – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan bangga mengumumkan kolaborasi riset baru yang bertujuan memperkuat pemahaman di bidang psikologi pendidikan. Riset ini dipimpin oleh Laila Indra Lestari, M.A. (Fakultas Psikologi, UM) dan Siti Jaro’Ah (Fakultas Psikologi, UNESA), yang membawa pendekatan inovatif untuk mengatasi tantangan pendidikan di Indonesia.
Fokus Penelitian
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara berbagai faktor psikologis dan performa akademik siswa. Dengan memanfaatkan pendekatan multidisiplin, riset ini akan mendalami:
-
Peran Regulasi Diri dalam mendorong keberhasilan akademik siswa.
-
Kreativitas dan Motivasi Intrinsik sebagai faktor penentu keberlanjutan pembelajaran.
-
Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap kesejahteraan psikologis siswa.
Laila Indra Lestari, M.A. menjelaskan pentingnya riset ini:
“Psikologi pendidikan adalah kunci untuk memahami bagaimana siswa dapat belajar secara efektif. Dengan penelitian ini, kami ingin memberikan wawasan baru yang dapat membantu pendidik dan pembuat kebijakan menciptakan sistem pembelajaran yang lebih inklusif.”
Baca juga:
Kolaborasi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang dan UIN Walisongo: Riset dan Pengabdian Masyarakat 2024
Kolaborasi penelitian oleh Dr. Anjarie Dharmastuti, S.Psi., M.Sc. (Fakultas Psikologi, UM) dan Dr. Nur Hamid, M.Sc. (UIN Walisongo Psikologi UM – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo dengan bangga...
Pentingnya Pendidikan Seksual: Sosialisasi Seks Bebas Sebagai Bentuk Pencegahan Pernikahan Dini Bagi Remaja
Melalui sosialisasi ini, pihak sekolah dan para pemangku kepentingan berharap dapat meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya menjaga diri dan merencanakan masa depan dengan bijak. Psikologi UM - Upaya menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Blitar terus...
Siti Jaro’Ah menambahkan:
“Kolaborasi ini tidak hanya membangun pengetahuan akademik, tetapi juga memperkuat hubungan antaruniversitas. Dengan bersinergi, kita dapat menghasilkan solusi yang berdampak nyata bagi dunia pendidikan.”
Metodologi dan Hasil yang Diharapkan
Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan gambaran yang holistik. Hasilnya diharapkan mencakup:
-
Model Praktis yang dapat diterapkan oleh guru dan konselor untuk meningkatkan kinerja siswa.
-
Publikasi Ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional.
Rekomendasi Kebijakan untuk mendukung pengembangan sistem pendidikan berbasis psikologi.
Pewarta: Kukuh SP