Kolaborasi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya: Penelitian Bersama dalam Psikologi Pendidikan

by | Nov 17, 2024 | Berita

Psikologi pendidikan adalah kunci untuk memahami bagaimana siswa dapat belajar secara efektif, Laila menegaskan.

Psikologi UM – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan bangga mengumumkan kolaborasi riset baru yang bertujuan memperkuat pemahaman di bidang psikologi pendidikan. Riset ini dipimpin oleh Laila Indra Lestari, M.A. (Fakultas Psikologi, UM) dan Siti Jaro’Ah (Fakultas Psikologi, UNESA), yang membawa pendekatan inovatif untuk mengatasi tantangan pendidikan di Indonesia.

Fokus Penelitian

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara berbagai faktor psikologis dan performa akademik siswa. Dengan memanfaatkan pendekatan multidisiplin, riset ini akan mendalami:

  • Peran Regulasi Diri dalam mendorong keberhasilan akademik siswa.

  • Kreativitas dan Motivasi Intrinsik sebagai faktor penentu keberlanjutan pembelajaran.

  • Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap kesejahteraan psikologis siswa.

Laila Indra Lestari, M.A. menjelaskan pentingnya riset ini:
“Psikologi pendidikan adalah kunci untuk memahami bagaimana siswa dapat belajar secara efektif. Dengan penelitian ini, kami ingin memberikan wawasan baru yang dapat membantu pendidik dan pembuat kebijakan menciptakan sistem pembelajaran yang lebih inklusif.”

Baca juga:

Siti Jaro’Ah menambahkan:
“Kolaborasi ini tidak hanya membangun pengetahuan akademik, tetapi juga memperkuat hubungan antaruniversitas. Dengan bersinergi, kita dapat menghasilkan solusi yang berdampak nyata bagi dunia pendidikan.”

Metodologi dan Hasil yang Diharapkan

Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan gambaran yang holistik. Hasilnya diharapkan mencakup:

  • Model Praktis yang dapat diterapkan oleh guru dan konselor untuk meningkatkan kinerja siswa.

  • Publikasi Ilmiah dalam jurnal nasional dan internasional.

Rekomendasi Kebijakan untuk mendukung pengembangan sistem pendidikan berbasis psikologi.

Pewarta: Kukuh SP