Deskripsi Kurikulum
Kurikulum disusun sebagai dasar pelaksanaan pendidikan di Perguruan Tinggi dikembangkan guna meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik di masa yang akan data. Penyusunan kurikulum didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi menyatakan kurikulum inti merupakan penciri dari kompetensi utama dan kurikulum inti suatu program studi bersifat: dasar untuk mencapai kompetensi lulusan; acuan baku minimal mutu penyelenggaraan program studi; berlaku secara nasional dan internasional; lentur dan akomodatif terhadap perubahan yang sangat cepat di masa datang; kesepakatan bersama antara kalanganperguruan tinggi,masyarakat,profesi,danpengguna lulusan.

Kurikulum Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang ini disusun berdasarkan kebutuhan untuk penyesuaian terhadap perubahan surat keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia(AP2TPI) nomor 01/kep/ap2tpi/2013 tentang kurikulum inti program studi psikologi jenjang sarjana dan Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor: 8.1.147/UN32/DT/2018 tentang panduan pengembangan kurikulum. Dalam kurikulum ini terdapat seluruh aspek-aspek yang telah ditentukan oleh SN-Dikti, KKNI dan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) mencakup unsur sikap, unsur keterampilan umum, unsur keterampilan khusus dan unsur pengetahuan. Seluruh Aspek tersebut diolah untuk mengarahkan mahasiswa mengembangkan kapabilitas. Ditambahkan dengan keputusan Rektor UM bahwa kurikulum prodi mencakup (1) Pendekatan Kapabilitas sebagai pendekatan dalam pengembangan Kurikulum UM, (2) Pendekatan Belajar Berbasis Kehidupan sebagai pendekatan dalam belajar dan pembelajaran, serta (3) Pendekatan Transdisipliner sebagai pendekatan dalam pengelolaan kurikulum.

Pemetaan Kurikulum

Deskripsi Mata Kuliah

·         UNIVUM9001 FIlsafat Ilmu Psikologi (2SKS/2JS)

Perkuliahan ini mengkaji pemikiran filsafat dan landasan berpikir filsafat dalam menganalisis masalah sesuai bidang ilmu; dan lebih  jauh membahas etika keilmuan dan mendeskripsikan dasar ontologis, aksiologi, dan epistemologi ilmu psikologi Pendidikan, dan diarahkan untuk memecahkan masalah di sekitar filsafat ilmu psikologi itu sendiri. Perkuliahan akan dijalankan dengan mengetengahkan paper presentasi dan diskusi  kelas guna membangun pemahaman filsafat mahasiswa.

·         UNIVUM9002 Wawasan Pendidikan (2SKS/2JS)
Perkembangan kebijakan pendidikan nasional dan internasional; teori-teori pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan bidang ilmu; problematika pendidikan dan pembelajaran berdasarkan kebijakan pendidikan nasional dan internasional serta hasil-hasil penelitian mutakhir yang sesuai dengan bidang ilmu pada jurnal bereputasi untuk menyusun gagasan pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran.

·         FPSIUM9001 Psikologi Pendidikan Lanjut (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini dirancang untuk mendorong mahasiswa memiliki pengalaman kegiatan belajar yang utuh yang memungkinkan — acquiring knowledge, refining knowledge, and applying knowledge contextually ke dalam bidang Psikologi pendidikan. Perkuliahan membahas konsep-konsep dan prinsip-prinsip pokok beberapa paradigma dan/atau aliran dan/atau teori Psikologi seperti behavioral, kognitif-konstruktivis, humanis, serta kemungkinan-kemungkinan penerapannya dalam pendidikan khususnya proses belajar-mengajar, kegiatan pendidikan lainnya. Perkuliahan ini memadukan eksposisi oleh fasilitator dan tugas-tugas terstruktur untuk mahasiswa yang dimulai dengan (1) chapter reports sampai dengan tugas akhir semester yang berupa (2) makalah terapan. Disamping itu mahasiswa dituntut juga (3) presentasi dan interaksi dalam kelas baik dengan fasilitator maupun dengan rekan sekelas. Tekanan diberikan pada pengenalan dan pemahaman prinsip-prinsip fundamental suatu kerangka teoritik serta kemampuan menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam pemecahan masalah dalam konteks pendidikan dan pembelajaran dalam arti yang luas

·         FPSIUM9004 Teori dan Model dalam Psikologi Pendidikan (2SKS/2JS)
Mengkaji paradigma/teori dan model psikologi sebagai acuan dalam memahami dan menjelaskan gejala dan proses psikologis tertentu. Kajian meliputi pendekatan behavioristik, kognitif, humanistik, dan konstruktivistik, serta implikasinya di bidang pendidikan. Hasil kajian diharapkan menjadi acuan dalam menyusun proposal penelitian di bidang yang diminati mahasiswa, baik pada latar/setting pendidikan formal sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya. Kajian teori dan model menjelaskan secara teoritik hubungan antar variabel yang diteliti atau memberi penjelasan teoritik tentang fokus penelitian secara komprehensif, dan  didukung  oleh kajian penelitian-penelitian terdahulu. Kegiatan perkuliahan mencakup presentasi teori dan model dan hasil penelitian sesuai topik kajian yang diminati mahasiswa untuk dibahas di kelas.  Topik-topik teori dan model diambil dari buku teks, dan kajian-kajian penelitian diambil dari jurnal yang relevan. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan mendeskripsikan teori dan model dari topik kajian yang diminatinya pada bidang psikologi pendidikan dengan dukungan teoritik dan temuan penelitian yang relevan.

·         FPSIUM9012 Disertasi (dan Publikasi Akademik) (2SKS/2JS)
Penelitian Disertasi yang dijalankan mahasiswa membutuhkan pengemasan yang sesuai dengan tata tulis yang memenuhi standar Internasional dan ditulis dengan menggunakan Reference Management Software (seperti Zotero atau Mendeley) agar publikasi dapat sesuai dengan lingkungan akademik ilmiah. Selain disertasi, mahasiswa berkewajiban mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional yang bereputasi sebagai bagian dari penyelesaian Disertasi.

·         FPSIUM9011 Studi Mandiri III (Asesmen dan Pengukuran Psikologis terkait Proposal penelitian dan Seminar proposal) (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini mengkaji metode penelitian yang sesuai dengan pengembangan kerangka berpikir penelitian yang dipilih mahasiswa, dimana mahasiswa mampu menjelaskan desain penelitian,  asesmen dan instrumen penelitian yang akan dijalankan, serta mampu menjelaskan analisis data yang akan digunakan guna mengolah data yang bisa mengungkap semaksimal mungkin hasil-hasil penelitian guna menjawab tujuan dan hipotesis penelitian yang sudah dibangun berdasarkan hasil kajian literatur dan pengamatan lapangan sebelumnya. Perkuliahan ini mengetengahkan presentasi dan diskusi serta seminar untuk menyempurnakan persiapan penelitian mahasiswa sebelum ke lapangan.

·         FPSIUM9008 Studi Mandiri II (Seminar Kajian Literatur dan Meta Analisis Penelitian PSP terkait variabel penelitian) (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini untuk mengkaji berbagai sumber literatur yang diperlukan untuk membangun kerangka teoritik yang kuat berdasarkan variabel-variabel penelitian yang dipilih mahasiswa guna mendapatkan gambaran utuh tentang hubungan atau pengaruh antar variabel yang menjadi fokus kajian mahasiswa. Dalam perkuliahan ini mahasiswa menghasilkan landasan teoritik untuk mendukung dan justifikasi dari kerangka berpikir terhadap variabel-variabel penelitian yang telah dikaji sebelumnya. Perkuliahan ini mengetengahkan presentasi individual dan diskusi kelas untuk mendapatkan balikan dari setiap peserta.

·         FPSIUM9007 Studi Mandiri I PSP (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini mengkaji  permasalahan-permasalahan terkait aspek psikologi dari konteks Pendidikan di Indonesia untuk diurai lebih jauh guna memberikan pengalaman dan insight bagi mahasiswa untuk lebih akrab dengan permasalahan lapangan yang akan dikembangkan untuk penelitian disertasi. Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk merumuskan kembali permasalahan yang ditemui baik lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi dalam kelas.

·         FPSIUM9009 Metodologi Penelitian Lanjut (3SKS/3JS)
Perkuliahan ini mengkaji berbagai metode penelitian dalam psikologi baik itu yang kualitatif, kuantitatif dan yang gabungan keduanya.  Perkuliahan ini juga membahas berbagai metode penelitian yang digunakan untuk sampel besar sampai sampai yang sangat kecil seperti single-subject research. Perkuliahan ini juga mengenal berbagai desain penelitian yang umum digunakan dalam riset psikologi, khususnya psikologi Pendidikan. Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk merumuskan metode dan desain penelitian yang sesuai dengan rencana penelitian yang akan dikembangkan menjadi disertasi. Semua pengalaman yang akan dialami mahasiswa dikemas lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi kelas.

·         FPSIUM9010 Desain dan Analisis Data penelitian Lanjut (3SKS/3JS)
Perkuliahan ini mengkaji statistic multivariat lanjut untuk memampukan mahasiswa menjalankan analisis data penelitian, dan disamping itu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mengkaji analisis data kualitatif untuk kepentingan riset yang dipilihnya.  Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk merumuskan dengan tepat teknik analisis data yang sesuai dengan tujuan penelitian serta desain penelitian yang dipilihnya. Semua pengalaman belajar yang akan dialami mahasiswa dikemas lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi kelas.

·         FPSIUM9006 Psikologi Lintas Budaya Dalam Pendidikan (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini mengkaji dan mengidentifikasi variasi persamaan dan perbedaan lintas budaya dari proses psikologi, seperti bagaimana individu dalam konteks budaya berpikir, merasa dan berperilaku, dengan penekanan pada pengembangan daya pikir kritis dalam penelitian lintas budaya dan mendorong mahasiswa untuk  memikirkan aplikasi temuan penelitian lintas budaya  dalam latar pendidikan di Indonesia. Pokok-pokok topik yang dipelajari meliputi memahami isu terkini psikologi lintas budaya, pemikiran kritis dalam psikologi lintas budaya, metodologi penelitian lintas budaya, kontribusi penelitian lintas budaya pada praktek pendidikan, bagaimana berbagai proses psikologi seperti sensasi, persepsi, kategori, penalaran dan ingatan, intelegensi dan intelegensi budaya, emosi, motivasi dan perilaku, achievement dan pendidikan dalam lintas budaya, perkembangan dan belajar, perbedaan pembelajar, aplikasi dalam kelas dalam perspektif lintas budaya sangat dipengaruhi oleh budaya dan bervariasi dalam berbagai budaya. Pengalaman pembelajaran yang akan dialami mahasiswa diperoleh melalui presentasi dan diskusi kelas, seminar on-line.

·         FPSIUM9003 Kajian Lanjutan Motivasi dan Perbedaan Individual (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini mengkaji berbagai aspek dari perbedaan individual yang mempengaruhi proses-proses belajar individu. Selain itu, perkuliahan ini juga membahas berbagai faktor yang terkait dengan motivasi seperti kognisi, sosial, emosi, prestasi, belajar dan pembelajaran. Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan yang disajikan dalam perkuliahan untuk mengkritisi berbagai problem belajar yang terjadi di dunia pendidikan. Semua pengalaman yang akan dialami mahasiswa dikemas lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi kelas.

·         FPSIUM9005 Psikologi Pembelajaran (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini mengkaji berbagai teori-teori dan prinsip-prinsip belajar dari berbagai pendekatan. Perkuliahan ini juga memberikan wawasan untuk mengenal berbagai isu-isu kontemporer tentang Pendidikan terkait sains dari belajar. Lebih jauh, perkuliahan ini juga membahas kaitan belajar dengan berbagai faktor seperti teknologi, berpikir kritis, pemecahan masalah, variasi perkembangan, kebutuhan, dan budaya individual pebelajar termasuk pembelajar dengan kebutuhan khusus. Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan yang disajikan dalam perkuliahan untuk mengkritisi berbagai problem belajar yang terjadi di dunia pendidikan. Semua pengalaman yang akan dialami mahasiswa dikemas lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi kelas

FPSIUM9002 Pengelolaan Iklim Kelas Yang Membelajarkan (2SKS/2JS)
Perkuliahan ini juga memberikan landasan teoritik dan pemahaman preskriptif terkait bagaimana membangun iklim kelas yang konstruktif untuk semua individu yang ada dalam kelas. Perkuliahan ini menekankan pentingnya hubungan interpersonal antar individu yang ada dalam kelas, dan bagaimana menata lingkungan fisik yang memberikan ruang bagi berkembagnya kemampuan belajar dan meningkatkan perilaku positif terkait belajar. Perkuliahan ini juga memampukan mahasiswa untuk menggunakan pengetahuan yang disajikan dalam perkuliahan untuk mengkritisi berbagai problem prestasi, belajar dan perilaku yang terjadi di dunia pendidikan. Semua pengalaman yang akan dialami mahasiswa dikemas lewat pengalaman lapangan, literatur dan diskusi kelas.