*Ike Dwiastuti

 *)Fakultas Pendidikan PsikologiUniversitas Negeri Malang

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Jolly Phonics  dalam menstimulasi kemampuan kesiapan membaca anak usia dini. Subjek berjumlah 28 siswa yang duduk dibangku Taman Kanak-kanak. Evaluasi berupa pretest dan posttest mengenal huruf, dengan indikator kemampuan mengidentifikasi huruf dan kemampuan menyebutkan bunyi huruf. Perbedaan skor dianalisis menggunakan teknik statistik paired sample t test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa t=5,744 dengan p=0,000, apabila p<0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan skor sebelum dengan sesudah intervensi. Mean skor sebelum stimulasi dengan  jollyphonicsadalah 8,5357 dan mean skor sesudah stimulasi dengan  jolly phonics adalah 12,6071, sehingga ada peningkatan dengan perbedaan 4,0714. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Jolly Phonics efektif untuk menstimulasikesiapan membaca anak usia dini.

 

Kata Kunci:kesiapan membaca, metode jolly phonics, anak usia dini, stimulasi

 

cover

penyunting

isi