Fakultas Psikologi
Program Studi
Deskripsi
S1 Psikologi (Psychology)
S1 Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang diawali sebagai program studi di bawah Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang tahun 2000, Berdasarkan keputusan Dirjen Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, No.142 dan diperbaharui tahun 2007. Berdasarkan surat keputusan rektor UM No .141 tahun 2012.
S1 Psikologi adalah satu program Studi dengan animo calon mahasiswa yang tergolong tinggi. Komposisi persaingan untuk menjadi mahasiswa Jurusan Psikologi antara tahun 2014 berada di tingkat ke -5 setelah PGSD, MANAGEMEN, TEKNIK ELEKTRO dan Bahasa Inggris.
Animo Calon mahasiswa tinggi juga didukung oleh kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan sumbangan psikologi ke dalam masyarakat dengan menjalin kerjasama pendidikan Magang (Praktik Pengalaman Lapangan) di beberapa institusi di berbagai daerah di Indonesia. Model Permagangan ini dilakukan pada semester ke-7 selama 12.800 menit (setara dengan 1,5 bulan).
Sebutan Gelar
SARJANA PSIKOLOGI (S.Psi)
Bachelor of Psychology
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Visi Program Studi Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang adalah: Menjadi Program Studi Psikologi yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi dalam bidang psikologi.
Misi
Misi Program Studi Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dengan kurikulum yang relevan dengan perkembangan Psikologi.
- Menyelenggarakan penelitian murni dan terapan dalam Psikologi yang dapat memberi sumbangan terhadap pembangunan.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan Psikologi yang berorientasi pada layanan dan pemberdayaan masyarakat yang sejahtera, sehat, cerdas dan bermartabat.
- Menyelenggarakan tata pamong program studi otonom berorientasi pada kerjasama antarpihak yang berkesinambungan dan sesuai kode etik profesi.
Rumusan Profil Lulusan
Sarjana psikologi yang memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah dalam perannya sebagai holistic psychoeducator yang humanis, kolaboratif, cakap dalam memahami orang lain secara mendalam, memiliki kemauan belajar hal-hal baru dengan kreatif dan inovatif berbasis nilai moral Pancasila.
Standar Capaian Pembelajaran
- Mampu menguasai konsep dasar teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada sesuai dengan kode etik psikologi secara bertanggung jawab.
- Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia dan nilai-nilai Pancasila.
- Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian, mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern, analisis data dan interpretasinya secara bertanggung jawab dengan memanfaatkan teknologi sesuai konteks psikologi.
- Mampu memahami konsep intervensi non-klinis berdasarkan prinsip-prinsip perubahan tingkah laku pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, manajerial, kerjasama, dan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan di dunia kerja berbasis pengalaman nyata di dalam dan luar kampus dengan memanfaatkan teknologi dan prinsip-prinsip literasi untuk pemecahan masalah secara kreatif dan inovatif
Kurikulum
Beban Belajar
Beban belajar program sarjana/sarjana terapan masukan SLTA sebanyak 146 sks.
Daftar Mata Kuliah
No. | Nama Matakuliah (Indonesia) | Nama Matakuliah (inggris) | Wajib/Pilihan | SKS |
1 | Filsafat Ilmu & Manusia | Philosophy | W | 3 |
2 | Sosiologi-Antropologi | Socio-Anthropology | W | 2 |
3 | Psikologi Umum | Introduction to Psychology | W | 3 |
4 | Psikologi Kepribadian | personality psychology | W | 3 |
5 | Statistika untuk Penelitian Psikologi | statistics for psychology research | W | 4 |
6 | Pendidikan Agama Islam | Islamic Education | W | 3 |
7 | Pendidikan Agama Protestan | Protestant Religion Education | W | 3 |
8 | Pendidikan Agama Katolik | Catholic Religion Education | W | 3 |
9 | Pendidikan Agama Hindu | Hindu Religion Education | W | 3 |
10 | Pendidikan Agama Budha | Buddhist Religion Education | W | 3 |
11 | Neuropsikologi & Perilaku | Behavioural Neuropsychology | W | 3 |
12 | Psikologi Sosial & Dinamika Kelompok | Social Psychology & group dynamics | W | 3 |
13 | Psikologi Pendidikan | Educational Psychology | W | 3 |
14 | Psikologi Industri & Organisasi | Industrial & Organizational Psychology | W | 3 |
15 | Psikometri | Psychometry | W | 3 |
16 | Psikologi Perkembangan I | Developmental Psychology I | W | 3 |
17 | Pendidikan Pancasila | Pancasila Education | W | 2 |
18 | Psikologi Kognitif | Cognitive Psychology | W | 3 |
19 | Kewirausahaan & Psikologi Konsumen | Entrepreneurship & Consumer Psychology | W | 2 |
20 | Psikologi Klinis & Kesehatan Mental | Clinical Psychology & mental health | W | 3 |
21 | Penyusunan Instrumen Psikologi | Construction of Psychological Instruments | W | 3 |
22 | Psikologi Perkembangan II | Developmental Psychology II | W | 3 |
23 | Dasar-dasar Psikodiagnostik & Etika | Fundamentals of Psychodiagnostics and Ethics | W | 4 |
24 | Pendidikan Kewarganegaraan | Citizenship Education | W | 2 |
25 | Manajemen Sumber Daya Manusia | Human Resources Management and Developing | W | 4 |
26 | Psikopatologi | Psychopathology | W | 3 |
27 | Penelitian Psikologi: Kuantitatif | Psychological Research: Quantitative | W | 4 |
28 | Observasi dan Wawancara | Observation and Interview | W | 4 |
29 | Psikologi Belajar & Modifikasi Perilaku | Psychology of Learning & Behavior Modification | W | 4 |
30 | Pendidikan Bahasa Indonesia | Indonesian Language Education | W | 2 |
31 | Manajemen Inovasi | Inovation Management | W | 3 |
32 | Penelitian Psikologi: Kualitatif | Psychological Research: Qualitative | W | 3 |
33 | Intervensi Komunitas | Community Intervention | W | 4 |
34 | Psikologi Konseling | Counseling Psychology | P | 3 |
35 | Asesmen Psikologi | Psychological Assessment | W | 5 |
36 | Analisis Jabatan | Job Analysis | P | 2 |
37 | Psikologi Pembelajaran Komprehensif | Psychology for Comprehensive Learning | P | 3 |
38 | Psikologi Lintas Budaya | Cross Cultural Psychology | P | 2 |
39 | Psikologi Urban | Urban Psychology | P | 2 |
40 | Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus | psychology of children with special needs | P | 2 |
41 | Psikologi Bermain | Play Psychology | P | 2 |
42 | Teori & Perilaku Organisasi | Organisational Theory and Behavior | P | 2 |
43 | Pengembangan Kompetensi | Competency Development | P | 2 |
44 | Pendidikan Siswa Cerdas Istimewa | Education for Special Intelligent Students | P | 2 |
45 | Pendidikan Khusus & Inklusi | Special Education & Inclusion | P | 2 |
46 | Psikologi Kesehatan | Health Psychology | P | 2 |
47 | Psikologi Kebencanaan | Disaster Psychology | P | 2 |
48 | Psikoedukasi | Psychoeducation | P | 2 |
49 | Penulisan Ilmiah | scientific writing | W | 2 |
50 | Psikologi Siber | Cyber Psychology | P | 2 |
51 | Psikologi Politik | Political Psychology | P | 2 |
52 | Psikologi Komunikasi | Communication Psychology | P | 2 |
53 | Teknologi dan Perkembangan | Technology and Development | P | 2 |
54 | Pengasuhan dalam Keluarga | Parenting in a Family | P | 2 |
55 | Psikologi Pernikahan | Psychology of Marriage | P | 2 |
56 | Psikologi Rekayasa | Enginering Psychology | P | 2 |
57 | Pengembangan Karir | Career development | P | 2 |
58 | Psikologi Kepemimpinan dalam Organisasi | Psychology of Leadership in Organizations | P | 2 |
59 | Sekolah Digital | Digital School | P | 2 |
60 | Manajemen Pendidikan Ramah Anak | Child Friendly Education Management | P | 2 |
61 | Desain Pemikiran dalam Pendidikan | Design Thinking in Education | P | 2 |
62 | Psikologi Rehabilitasi | Rehabilitation Psychology | P | 2 |
63 | Dasar-dasar Psikoterapi | Basics of Psychotherapy | P | 2 |
64 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | Community Service Fieldwork | W | 4 |
65 | Praktik Kuliah Lapangan (PKL) | Field Practice | W | 4 |
66 | Tugas Akhir | Undergraduate Thesis | W | 6 |
Peminatan
Fakultas Psikologi didirikan sebagai organ kelembagaan Universitas Negeri Malang dengan jurusan psikologi yang membawahi 5 peminatan:
- Psikologi Pendidikan
- Psikologi Klinis
- Psikologi Industri dan Organisasi
- Psikologi Perkembangan
- Psikologi Sosial
Akreditasi
Terakreditasi B berlaku 1 November 2020 – 1 November 2025
Buka menggunakan komputer untuk download sertifikat : Klik Disini
Kelas Internasional
Your content goes here. Edit or remove this text inline or in the module Content settings. You can also style every aspect of this content in the module Design settings and even apply custom CSS to this text in the module Advanced settings.