Video Animasi: Memahami Kepribadian Secara Mudah
“Melalui video animasi, konsep kepribadian para teoretikus psikologi dijelaskan secara interaktif, memudahkan pemahaman para peserta didik.”

Psikologi kepribadian merupakan suatu ranah ilmu psikologi yang membahas terkait hal-hal yang melatar belakangi pembentukkan kepribadian manusia. Kepribadian itu sendiri merupakan sebuah pola dari suatu sifat atau karakteristik yang ada dalam diri manusia dan ditampilkan di depan orang lain. Kepribadian ini erat kaitannya dalam membentuk interaksi kita dengan lingkungan hingga mendukung setiap pencapaian – pencapaian dalam hidup kita. Kepribadian menjadi aset penting yang dimiliki oleh setiap individu. Oleh karena itu, menjadi penting untuk dapat mempelajari kepribadian manusia, karena dengan demikian kita akan mampu mengenali diri kita sendiri, mengembangkan diri kita, serta memahami setiap karakteristik orang yang ada di sekitar kita.

Mempelajari tentang psikologi kepribadian tentunya memiliki tantangan tersendiri. Sebab, terdapat beragam sudut pandang dari teoretikus – teoretikus Psikologi yang dapat dijadikan landasan dalam menjelaskan konsep tentang kepribadian manusia. Hal ini yang menjadikan konsep dalam psikologi kepribadian menjadi begitu kaya dan kompleks. Strategi pembelajaran yang inovatif tentunya diperlukan untuk membuat pembelajaran psikologi kepribadian menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Media pembelajaran berbasis digital merupakan suatu sarana pembelajaran yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi dalam penyampaian materi pembelajarannya. Melalui pengembangan media pembelajaran diharapkan dapat memberikan metode pembelajaran yang menarik tentang psikologi kepribadian. Pengembangan media pembelajaran ini juga sejalan dengan tujuan dalam SDGs, yaitu Pendidikan Berkualitas.

Maksimalkan Belajar dengan Teknologi Digital
“Inovasi pembelajaran berbasis teknologi membantu menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan memotivasi peserta didik untuk memahami psikologi kepribadian.”

Salah satu bentuk pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan oleh penulis dan tim ialah membuat video animasi dengan mengupas konsep – konsep kepribadian para teoretikus secara lebih sederhana dan menarik berbasis MOOC. Video pembelajaran ini memiliki durasi yang beragam, namun dengan maksimal durasi < 15 menit. Video pembelajaran ini telah digunakan di beberapa kelas dalam pembelajaran psikologi kepribadian di Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Malang. Respon positif terkait video pembelajaran didapatkan dari para perserta didik. Respon tersebut terkait kemudahan dalam memberikan gambaran terkait konsep kepribadian. Serta, suasana belajar tercipta lebih kondusif karena antusiasme peserta didik untuk memperhatikan penjelasan melalui video tersebut.

Baca juga:

Kuliah Tamu: Konsep Dasar Penyusunan Instrumen Psikologi

Langkah penting dalam menciptakan alat ukur yang akurat dan konsisten untuk mendukung penelitian yang berkualitas. Psikologi UM - Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) kembali menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu pada Selasa, 8 Oktober 2024. Kegiatan ini...

Konsep-konsep dalam mengenali kepribadian manusia sangat relevan dalam kehidupan sehari – hari. Terlebih dalam membangun interaksi dengan orang lain, kita dilatih untuk perlu dapat memahami orang di sekitar kita agar interaksi yang terjadi dapat berjalan harmonis. Tidak hanya dalam berinteraksi, dengan mempelajari kepribadian individu juga mampu mengembangkan dirinya. Sehingga, video pembelajaran ini diharapkan juga dapat diakses dan bermanfaat oleh orang-orang dengan berbagai bidang yang mau mempelajari tentang kepribadian manusia.

Inovasi Pembelajaran untuk Generasi Digital
“Pembelajaran digital berbasis video animasi memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.”

Inovasi pembelajaran menjadi hal yang perlu dikembangkan saat ini terlebih melihat kemajuan teknologi yang ada. Integrasi konsep pembelajaran dengan teknologi akan bermanfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar & pemahaman terkait konsep; menstimulasi kemampuan berpikir kritisl; serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Selain itu, pengembangan media pembelajaran yang dikupas dengan lebih sederhana dan menarik dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, termasuk mereka dengan berbagai latar belakang bidang yang berbeda. Mari bersama-sama berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang inovatif melalui pengembangan media pembelajaran yang berkualitas dan dapat bermanfaat juga bagi semua lapisan masyarakat.

Pewarta: Ikhwanul Ihsan A