Maratus Ratna Kurnia
atus.ratna@gmail.com

Devi Puspita Anggrainy

anggrainypuspitadevi@gmail.com

Aji Bagus Priyambodo

Universitas Negeri Malang

 

 

Abstrak: Salah satu tantangan dalam dunia pendidikan yang dihadapi oleh Indonesia adalah bagaimana menciptakan sistem pendidikan yang menyenangkan bagi siswa. Untuk mewujudkannya, dapat mengkolaborasikan metode pembelajaran dengan unsur psikologi positif. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah jurnal refleksi positif. Jurnal refleksi positif merupakan elaborasi dari jurnal refleksi yang digabungkan dengan konsep psikologi positif untuk meningkatkan emosi positif dalam kegiatan belajar. Melalui jurnal tersebut siswa mampu mengidentifikasi kemampuannya, kesulitan belajarnya, menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih bermakna, dan meningkatkan emosi positif. Dengan emosi yang lebih positif, maka pembelajaran menjadi lebih bermakna serta materi belajar akan lebih mudah diserap oleh kognisi siswa (Seligman: 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan jurnal refleksi positif terhadap peningkatan emosi positif siswa dalam kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi jurnal serta analisis deskriptif dari hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan deskripsi dari penggunaan jurnal refleksi positif serta dampaknya terhadap peningkatan emosi positif siswa sebagai upaya perwujudan positive education.

Kata kunci : belajar positif, emosi positif, jurnal refleksi positif, kebahagiaan, possitive education