Semarang, 29-30 April 2024, Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Semarang telah mengadakan kegiatan “Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dan Promosi Program Pascasarjana Psikologi” pada tanggal 29-30 April 2024 di Fakultas Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Semarang dalam meningkatkan promosi Program Pascasarjana Psikologi di Prodi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang.

Gambar 1. Kegiatan FGD Persiapan Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dan Promosi Program Pascasarjana

Kegiatan ini dimulai dengan FGD persiapan Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dan Promosi Program Pascasarjana Psikologi UM pada Prodi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Pada tanggal 30 April 2024, kegiatan dilanjutkan dengan FGD Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dan Promosi Program Pascasarjana Psikologi UM pada Prodi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang, diikuti dengan Implement Arrangement/IA Program Pascasarjana Psikologi dengan Prodi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan ini juga diiringi dengan guest lecture oleh Prof. Fattah Hanurawan, M.Si, dengan topik “Psikologi dan Teknologi”. Selain itu, Dr. Hanggara Budi Utomo, M.Psi, juga memberikan sosialisasi promosi Program Pascasarjana Psikologi UM.

Gambar 1. Kegiatan Guest Lecture oleh Prof. Fattah Hanurawan, M.Si. Dan Sosialisasi oleh Dr. Hanggara Budi Utomo, M.Psi

Dalam kegiatan ini, Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Semarang berencana untuk memperluas kerjasama dalam pengembangan program kegiatan berdasarkan Implementation Arrangement/IA Program Pascasarjana Psikologi dengan Prodi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Keduanya juga berencana untuk melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Ketua Departemen Psikologi F.Psi UM terkait mekanisme skema UKT S2 dan S3 Psikologi untuk pengembangan kerjasama yang lebih efektif.

Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang psikologi, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan dan penelitian dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pewarta: Muhammad Faisal Hidayat