Pada hari Kamis, 1 Agustus 2024, Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kegiatan berbasis partisipasi publik di gedung B6.212 Fakultas Psikologi UM. Kegiatan ini berfokus pada optimalisasi penerapan psikologi siber dalam setting pendidikan. Tim Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (FPsi UM) yang terdiri dari Dr.Ika Andrini Farida, S.Psi., M.Psi., Dr. Nur Eva., S.Psi., M.Psi., Psikolog, Dr. Hanggara Budi Utomo, S.Psi., M.Psi., Lhulu An-Nisa, S.Psi (mahasiswa S2 Psikologi), dan Diani Akmalia Apsari, S.Psi (mahasiswa S2 Psikologi) melakukan kolaborasi inovatif bersama dengan PT Teman Bincang Indonesia dalam rangka menyebarluaskan informasi seputar kesehatan mental di kalangan generasi saat ini. Diketahui FPsi menggandeng PT Teman Bincang Indonesia dengan jumlah pengikut di instagram mencapai 20 ribu akun pengguna. Permasalahan yang dihadapi oleh klien PT Teman Bincang sangat beragam dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut kemudian membuat tim dari FPsi UM mengusung media tentang konsep Self-Acceptance dan Self-Compassion yang berkaitan dengan kesehatan mental. Perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk membuat permainan yang berbasis digital dengan User interface yang menarik serta konten permainan edukatif. Hal ini mendukung aplikasi psikologi dan teknologi dalam konteks pendidikan

KESMO GAMES merupakan media inovatif dari kolaborasi keduanya yang telah dilakukan uji penilaian media dan materi. Permainan ini mirip dengan monopoli namun dikemas lebih ringan, menarik dan berisikan konsep Self-Acceptance dan Self-Compassion serta 11 jenis gangguan kesehatan mental.

Peserta Antusias bermain KESMO Games

Pada 1 Agustus 2024, KESMO GAMES telah dicoba oleh 35 orang remaja dan dewasa muda. Ketika bermain, peserta sangat antusias untuk memulai dan menjawab setiap pertanyaan dari kotak boardgame. Permainan KESMO berdurasi 10 menit dengan pilihan player dari 1-player hingga 4-players. Menurut Fina Kharisma, Mawapres UM, KESMO GAMES sangatlah menarik untuk dimainkan karena mengajak user untuk lebih aware akan dirinya dengan pengetahuan yang disajikan, namun durasi permainan dirasa terlalu singkat untuk permainan asyik seperti KESMO GAMES.

Peserta telah Menyelesaikan Permainan

Sementara bagi inovator, Lhulu, permainan ini diusung untuk menambah pengetahuan dari pemain tentang Self-Acceptance dan Self-Compassion secara fun. Diani sebagai tim juga melanjutkan bahwa KESMO Games menjadi media preventif sehingga pemain dapat mengenali, menerima dan menyayangi dirinya.

Dari jajak pendapat para peserta, selain menambahkan durasi, KESMO GAMES juga perlu ditambahkan pertanyaan, sehingga dalam satu kotak tidak hanya ada 1 pertanyaan. Serta, untuk menambah keseruan diharapkan permainan ini dapat dimainkan dari berbagai tempat berbeda antar pemain.

Bergabunglah dengan Komunitas Kami – Unduh Sekarang!

Kesehatan Mental Online Games, sebuah platform inovatif yang menggabungkan hiburan dan kesehatan mental dalam satu pengalaman yang menyenangkan. Kami menyediakan berbagai game yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengelola stres, meningkatkan kesejahteraan emosional, dan memperkuat keterampilan mental dengan cara yang interaktif dan menarik.