Kolaborasi Psikologi Pendidikan: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Jakarta Kembangkan Alat Ukur Kemampuan Mahasiswa

by | Nov 17, 2024 | Berita

“Motivasi, kreativitas, dan regulasi diri adalah komponen penting dalam pertumbuhan akademik dan personal, ungkap Dr. Helga Graciani Hidajat.

Psikologi UM – Sebuah inisiatif riset terobosan tengah berlangsung, menggabungkan keahlian dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Proyek ini dipimpin oleh Dr. Helga Graciani Hidajat, MA (Fakultas Psikologi, UM) dan Dr. Flavia Aurelia Hidajat, M.Pd. (UNJ), dengan fokus pada pengembangan metodologi inovatif untuk mengevaluasi kemampuan kunci mahasiswa.

Dengan judul “The Development of Measurement Tools to Evaluate the Motivation, Creativity, and Self-Regulation Skills of College Students in Jakarta and Africa: SEM Analysis,” penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alat ukur yang kokoh dan teruji secara ilmiah untuk menilai motivasi, kreativitas, dan keterampilan regulasi diri. Dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM), riset ini akan memberikan wawasan mendalam tentang faktor psikologis yang mendukung keberhasilan mahasiswa dalam berbagai konteks pendidikan.

Dr. Helga Graciani Hidajat menekankan pentingnya proyek ini:
“Motivasi, kreativitas, dan regulasi diri adalah komponen penting dalam pertumbuhan akademik dan personal. Penelitian ini dirancang untuk memberikan alat yang akurat kepada pendidik dan institusi guna mengukur serta meningkatkan keterampilan tersebut, yang bersifat universal namun tetap memperhatikan sensitivitas budaya.”

Dr. Flavia Aurelia Hidajat menyoroti cakupan internasional dari studi ini:
“Dengan melibatkan mahasiswa dari Jakarta dan Afrika, kami berupaya memahami faktor-faktor bersama dan khas yang memengaruhi kemampuan ini di berbagai wilayah. Pendekatan komparatif ini memungkinkan kami menciptakan alat yang sensitif terhadap konteks lokal namun relevan secara global.”

Tujuan dan Metodologi Penelitian

1. Pengembangan Alat Ukur: Mendesain dan menguji validasi alat untuk mengukur motivasi, kreativitas, dan regulasi diri pada mahasiswa.
2. Sensitivitas Budaya: Memastikan alat ukur dapat diadaptasi untuk lingkungan pendidikan yang beragam, dengan Jakarta dan Afrika sebagai lokasi awal penelitian.
3.
Analisis SEM: Menggunakan Structural Equation Modeling untuk memvalidasi hubungan antar-konstruk dan meningkatkan akurasi pengukuran.

Hasil yang Diharapkan

Penelitian ini akan menghasilkan:

  1. Alat ukur teruji secara ilmiah yang dapat digunakan di institusi pendidikan di seluruh dunia.
  2. Rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan program pengembangan mahasiswa di pendidikan tinggi.
  3. Publikasi ilmiah yang berkontribusi pada bidang psikologi pendidikan dan analisis psikometrik.

Pewarta: Kukuh SP