Menjembatani Pengetahuan dan Praktik. Dr. Nazri memaparkan pentingnya lingkungan belajar yang stimulatif dalam pembentukan kognitif, sosial, dan emosional anak, di hadapan peserta kuliah tamu di Aula B4.225.

Malang, 27 Juni 2024 – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (FPsi UM) kembali menegaskan komitmennya dalam mengembangkan wawasan akademik mahasiswa dan dosen melalui penyelenggaraan kuliah tamu yang mengusung tema “Research Related to Childhood Education”. Acara ini berlangsung pada Kamis, 27 Juni 2024, bertempat di Aula B4.225, dan dihadiri oleh mahasiswa program magister (S2), doktor (S3), serta dosen dari FPsi UM.

Kuliah tamu kali ini menghadirkan Dr. Mohd Nazri Abdul Rahman, seorang pakar terkemuka dalam bidang pendidikan anak usia dini dari Faculty of Education, Malaya University. Dengan rekam jejak yang mengesankan dalam penelitian dan publikasi ilmiah, Dr. Nazri membawa perspektif baru yang kaya akan informasi dan relevan dengan tantangan pendidikan masa kini.

Dalam presentasinya, Dr. Nazri Abdul Rahman mengupas tuntas berbagai aspek penting terkait pendidikan anak usia dini, mulai dari pendekatan-pendekatan inovatif yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia akademik, hingga implikasi praktis dari temuan-temuan riset terbaru terhadap kualitas pendidikan anak di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Beliau memaparkan bagaimana penelitian terbaru menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang kaya dan stimulatif dapat memainkan peran krusial dalam membentuk perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak-anak. Dr. Nazri juga menekankan pentingnya kolaborasi antara peneliti, praktisi pendidikan, dan pembuat kebijakan untuk memastikan bahwa hasil-hasil riset ini dapat diimplementasikan secara efektif di lapangan.

Tidak hanya itu, Dr. Nazri juga berbagi pengalaman pribadinya dalam mengelola proyek-proyek penelitian internasional yang melibatkan kolaborasi lintas disiplin dan lintas negara. Hal ini memberikan wawasan berharga bagi para peserta tentang pentingnya membangun jaringan dan kerjasama global dalam mengatasi tantangan-tantangan dalam pendidikan anak usia dini.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang penyampaian materi, tetapi juga dialog yang aktif dan konstruktif. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti sesi tanya jawab, di mana mereka berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pandangan tentang bagaimana hasil-hasil penelitian yang disampaikan dapat diterapkan dalam konteks pendidikan di Indonesia. Beberapa dosen juga terlibat dalam diskusi mendalam tentang kemungkinan pengembangan penelitian bersama antara FPsi UM dan Malaya University, membuka jalan bagi kolaborasi yang lebih erat di masa depan.

Dr. Nazri Abdul Rahman dalam kesempatannya menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari FPsi UM. Ia juga menyatakan harapannya bahwa melalui pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman ini, kedua institusi dapat terus mempererat kerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan pendidikan, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata kepada Dr. Mohd Nazri Abdul Rahman sebagai tanda penghargaan atas kontribusinya dalam memberikan wawasan berharga kepada civitas akademika FPsi UM.

Dengan terselenggaranya kuliah tamu ini, FPsi UM kembali menunjukkan komitmennya untuk terus mengadakan kegiatan akademik yang tidak hanya memperkaya pengetahuan para mahasiswa dan dosen, tetapi juga membuka peluang-peluang baru untuk pengembangan riset yang dapat berdampak langsung pada peningkatan kualitas pendidikan, khususnya pada anak usia dini di Indonesia.