Malang, 20 Mei 2024 – Dalam upaya mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya terkait Tujuan ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Malang menyelenggarakan penelitian berjudul “Pelatihan Regulasi Emosi Melalui Teknik Problem Solving Sebagai Prevensi Bullying Remaja”.
Penelitian ini dilakukan oleh Shita Resti Maheswari di bawah bimbingan Dr. Tutut Chusniyah, M.Si. Kegiatan penelitian berlangsung di Kota Malang pada periode Februari hingga April 2024.
Melalui penelitian ini, Shita dan timnya berupaya untuk memberikan pelatihan regulasi emosi dengan menggunakan teknik problem solving kepada remaja di Malang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam mengelola emosi dan menyelesaikan masalah secara konstruktif, sehingga dapat mencegah terjadinya perilaku bullying di kalangan remaja.
“Bullying merupakan salah satu masalah serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan remaja, terutama dalam aspek psikologis dan sosial,” ungkap Shita. “Dengan meningkatkan kemampuan regulasi emosi melalui teknik problem solving, kami berharap remaja dapat lebih bijak dalam mengelola emosi dan menyelesaikan permasalahan dengan cara yang lebih positif.”
Penelitian ini sejalan dengan upaya untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas, di mana menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan efektif bagi semua merupakan salah satu target yang ingin dicapai.

#SDGs 4
#FPsi_UM